Logo Bloomberg Technoz

Krisis Militer Rusia Timbulkan Tantangan Pasokan Minyak Dunia

News
26 June 2023 13:40

Ilustrasi minyak bumi (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi minyak bumi (Sumber: Bloomberg)

Yongchang Chin - Bloomberg News

Bloomberg -  Goldman Sachs menyatakan pasar minyak dunia tengah dilanda tantangan baru, yaitu pemberontakan di Rusia oleh kelompok tentara bayaran mereka sendiri, Wagner Group, meski dampak jangka pendek kemungkinan cenderung dapat diredam.

"Risiko yang lebih tinggi bahwa pasokan lebih rendah pada waktu tertentu dapat memberikan tekanan ke atas pada harga," ujar para analis Goldman Sachs, seperti Daan Struyven dan Callum Bruce dalam catatan pada Minggu (25/06/2023), namun mereka menambahkan bahwa dampak awal dari insiden ini cenderung terbatas.

Harga minyak berfluktuasi pada Senin ketika para investor mendapatkan kesempatan pertama untuk menilai insiden di akhir pekan itu, yang secara tak resmi digambarkan oleh para pejabat AS dan Eropa sebagai tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya terhadap kekuasaan Presiden Vladimir Putin.

Sementara pengiriman minyak mentah Rusia tampaknya tidak terpengaruh oleh peristiwa ini, patut dicatat bahwa negara tersebut adalah salah satu eksportir terbesar dan anggota penting OPEC+ bersama dengan Arab Saudi.