Logo Bloomberg Technoz

Ukraina kini tengah berjuang untuk menerobos garis Rusia dengan serangan balasan untuk merebut kembali tanah yang diduduki. Dengan adanya konflik ini, mereka kini tengah bersenang-senang di atas kekacauan di Moskow.

Kyiv mengatakan pasukannya bergerak maju di sekitar Bakhmut, tempat pasukan Wagner bertempur selama berbulan-bulan, serta lebih jauh ke selatan. “Ada kemajuan di semua lini,” kata Wakil Menteri Pertahanan Ukraina Hanna Malyar, Sabtu.

Yevgeny Prigozhin, pemimpin kelompok Grup Wagner (Sumber: Bloomberg)

Ketegangan di elit Rusia telah meningkat selama beberapa bulan terakhir. menurut orang-orang yang mengetahui situasi tersebut. Kubu-kubu persaingan telah muncul dengan beberapa mendorong perang yang jauh lebih agresif, sementara yang lainnya mengharapkan penyelesaian cepat untuk membatasi kerusakan di Rusia.

Upaya Putin untuk menyeimbangkan keduanya semakin sulit, kata mereka.

Pasukan tempur Prigozhin yang dipersenjatai dapat dikirim ke medan perang di mana pasukan Putin gagal dan menekan petinggi militer negara yang berkinerja buruk. Dengan demikian, kekhawatiran tentang pengaruh Prigozhin yang meluas tumbuh di Kremlin, tetapi hal ini ditepis oleh Putin.

(bbn)

No more pages