Logo Bloomberg Technoz

Setelah Insiden Titan, Keselamatan Wisata Luar Angkasa Disorot

News
25 June 2023 14:30

Kru New Shepard dari Blue Origin di Van Horn, Texas, pada 20 Juli 2021. (Sumber: Bloomberg)
Kru New Shepard dari Blue Origin di Van Horn, Texas, pada 20 Juli 2021. (Sumber: Bloomberg)

Loren Grush - Bloomberg News

Bloomberg, Perjalanan wisata ke luar angkasa memiliki banyak kesamaan dengan wisata laut dalam: pelanggan kaya, ruang sempit, tujuan yang jauh, dan peringatan yang jelas pada regulasi bahwa perjalanan ini mempertaruhkan nyawa.

Saat dunia mencari-cari penyebab hancurnya kapal selam OceanGate, kurangnya perlindungan pada kapal tersebut meningkatkan kewaspadaan. Pendiri OceanGate pernah menyebut keselamatan sebagai "sampah", dan industri penyelaman memperingatkan hasil yang berpotensi pada "bencana" terhadap eksplorasi lautnya yang "eksperimental".

Kapal selam seperti Titan tidak menggunakan prosedur keselamatan standar yang diakui, apalagi saat mereka berada di perairan internasional. Rezim regulasi yang serupa, atau bahkan kurang dari itu, mengatur penerbangan perjalanan wisata luar angkasa. Dan sementara industri perjalanan luar angkasa privat belum melihat bencara sebesar kegagalan OceanGate, namun risikonya tetap ada.

"Ada kekhawatiran yang kuat bahwa tidak adanya peraturan keselamatan tersebut berarti akan ada sejumlah operasi rahasia yang terbang di malam hari, yang mengakibatkan penumpang terluka atau berpotensi tewas," kata Brian Weeden, direktur perencanaan program untuk Secure World Foundation.