Logo Bloomberg Technoz

Dunia Pekan Ini: Pemberontakan Wagner-Libur Panjang di Indonesia

News
25 June 2023 12:00

Domba di panel surya. (Sumber: Ben Brewer/Bloomberg)
Domba di panel surya. (Sumber: Ben Brewer/Bloomberg)

Adam Majendie - Bloomberg News

Bloomberg,  Peristiwa dramatis terkait pemberontakan tentara Wagner yang akhirnya ditarik kembali, mengejutkan dunia lebih dari perang Ukraina dan Rusia. Ini yang perlu diketahui tentang pemberontakan yang dibatalkan tersebut dan apa artinya, bersamaan dengan peristiwa yang datang pekan ini di Asia:

Perputaran besar. Pemimpin tentara bayaran Wagner Yevgeny Prigozhin menghentikan pergerakannya ke Moskow dan menarik tentaranya kembali. Ia meredakan apa yang telah menjadi ancaman bagi kepemimpinan Vladimir Putin di Rusia selama hampir seperempat abad.

Data besar. China diprediksi masih dalam kondisi suram pekan ini, dengan PMI (Purchasing Managers Index) dan keuntungan industrial menunjukkan perlunya dukungan kebijakan yang lebih kuat. Harga bahan bakar yang lebih rendah akan membantu meredakan inflasi Australia, sementara data CPI Tokyo mungkin menunjukkan kenaikan harga memuncak di sana, memberi Bank of Japan lebih banyak perlindungan untuk situmulusnya. Di Sri Lanka, inflasi mungkin berkurang setengahnya setelah kekurangan pangan dan bahan bakar mereda karena pinjaman bailout IMF telah tiba.

Risiko besar. Taruhan bullish pada obligasi korporasi dengan imbal hasil tinggi mulai terurai karena suku bunga yang kaku membuat investor kembali pada surat berharga dengan tingkat investasi lebih aman.