Logo Bloomberg Technoz

Tentara Bayaran Wagner Ancam 'Hukum' Para Petinggi Militer Rusia

News
25 June 2023 10:00

Presiden Rusia Vladimir Putin. (dok Bloomberg)
Presiden Rusia Vladimir Putin. (dok Bloomberg)

Bloomberg News 

Bloomberg, Rusia menuding kelompok tentara bayarannya, Wagner, melakukan pemerontakan bersenjata. Meningkatnya permusuhan antara kubu-kubu Kremlin yang bersaing atas perang di Ukraina meluas menjadi konflik terbuka.

Dilaporkan oleh media Tass pada Sabtu (24/6/2023) di Moskow, juru bicara Kremlin Dmitry Peskov mengatakan Presiden Vladimir Putin terus mendapatkan laporan dari pejabat keamanan tentang upaya mereka melawan "pemberontakan bersenjata" oleh pemimpin tentara Wagner, Yevgeny Prigozhin.

Prigozhin mengatakan pada Sabtu pagi bahwa ia dan para pejuangnya telah memasuki area Rostov-on-Don, sebuah kota di selatan yang dekat dengan Ukraina. Kabar tersebut tidak bisa dikonfirmasi secara independen. 

Media sosial ramai dengan unggahan video dari kota tersebut yang memperlihatkan kendaraan lapis baja dan pasukan mengelilingi markas militer dan gedung keamanan tanpa menembakkan senjata mereka. Namun, tidak bisa dipastikan apakah tentara-tentara tersebut dari Wagner atau tentara Rusia. Video tidak dapat langsung diautentikasi. Pejabat lokal mengatakan kepada penduduk untuk menghindari pusat kota, dengan alasan "ada sebuah situasi."