Logo Bloomberg Technoz

Luhut Ungkap Sosok 'Pembisik' Sebelum Ia Buat Kebijakan

Yunia Rusmalina
24 June 2023 14:30

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Dok. Tangkapan layar Youtube FPCI)
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan (Dok. Tangkapan layar Youtube FPCI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut saat ini Indonesia tengah mengejar target net zero emisi atau zero emission pada 2050 mendatang.  Sebagai pembuat kebijakan, Luhut mengatakan ia kerap mendapat masukan dari pihak-pihak yang memiliki perhatian terhadap isu perubahan iklim, terutama dari generasi muda.

Luhut mengatakan salah satu saran yang paling sering ia dengar dan terima berasal dari cucu tertuanya, yakni Faye Simanjuntak. Anak dari pasangan Maruli Simanjuntak dan Uli Panjaitan itu diketahui tengah menempuh pendidikan di Univesitas Georgetown Washington D.C. 

"Dia [Faye] yang menjadi kompas saya, dia suka mengirim pesan ke saya, kalau masalah macam-macam, termasuk Climate Change," kata Luhut saat menjadi pembicara dalam forum Net Zero-Summit (INZS) FPCI 2023, Sabtu (24/6).

Faye yang berusia 21 tahun disebut kerap memberikan Luhut saran dan masukan terkait isu perubahan iklim. Mantan Jenderal bintang lima itu mengaku saran dari Faye selalu menjadi pertimbangannya sebelum merumuskan peraturan pemerintah.

"Pesan yang paling keras sebenarnya yang pernah saya terima, justru dari cucu saya. Faye bilang, 'Opung, jangan pernah membuat kebijakan yang bertentangan dengan minat dan perhatian generasi saya'. Ini menurut saya adalah message yang paling keras," kata Luhut.