Logo Bloomberg Technoz

Daftar Kota Layak dan Tidak Layak Huni di Dunia

News
24 June 2023 12:45

Kota Sidney (Brent Lewin/Bloomberg)
Kota Sidney (Brent Lewin/Bloomberg)

Alex Millson

Bloomberg - Kehidupan normal baru setelah pandemi Covid-19 telah mengubah kembali daftar kota layak dan tidak layak huni di dunia.

Indeks Kelangsungan Hidup Global Economist Intelligence Unit (EIU) 2023 merilis daftar kota-kota dunia yang memiliki standar fasilitas pendidikan, kesehatan dan budaya yang terbaik. Tahun ini, skor rata-rata global adalah yang tertinggi dalam 15 tahun.

Untuk tahun kedua berturut-turut, ibu kota Austria, Wina, dinobatkan sebagai kota paling layak huni di dunia, berdasarkan berbagai indikator, diikuti oleh Kopenhagen. Sydney dan Melbourne sama-sama melonjak, untuk mengklaim tempat ketiga dan keempat, setelah pandemi Covid-19 membuat mereka jatuh dari indeks tahun lalu.

Kota-kota Asia-Pasifik adalah beberapa tujuan yang paling berkembang, dengan delapan dari 10 penggerak ke atas terbesar berasal dari wilayah tersebut. Wellington dari Selandia Baru naik 35 tingkat ke posisi ke-23, sementara Auckland naik 25 tingkat ke posisi ke-10. Hanoi, Vietnam naik 20 tingkat ke posisi 129.