Logo Bloomberg Technoz

Satgas TPPO Polri Sudah Tangkap 580 Tersangka

Fransisco Rosarians Enga Geken
24 June 2023 12:14

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan (Humas Polri)
Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan (Humas Polri)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Satuan Tugas Tindak Pidana Perdagangan Orang (Satgas TPPO) Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri telah menangkap 580 orang tersangka. Penindakan ini dilakukan pada kurun 5 hingga 18 Juni 2023. 

Berdasarkan pemeriksaan, sebagian besar para tersangka mengiming-imingi para korban untuk menjadi pekerja migran Indonesia (PMI) secara ilegal. Para korban diiming-imingi gaji tinggi.

“Modus ini tercatat ada 375 kasus,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri, Brigadir Jenderal Ahmad Ramadhan seperti dilansir Mabes Polri, Sabtu (24/6/2023).

Salah satu kasusnya, kata dia, terjadi pada dua korban yang akan berhasil dicegah menjadi PMI ilegal oleh Kepolisian Sektor Batu Ampar, Kepulauan Riau. Berdasarkan pemeriksaan, korban yang masih berusia di bawah umur mengaku mendapat tawaran bekerja di Malaysia dengan gaji Rp10 juta per 10 hari.

Selain PMI ilegal, menurut Ramadhan, modus kedua adalah menjadikan para korban menjadi pekerja seks komersial. Polisi menemukan modus ini pada 132 kasus yang dibongkar selama periode tugas TPPO.