Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Tuan Rumah, Timnas Israel Tak Lolos Piala Dunia U-17

Fransisco Rosarians Enga Geken
24 June 2023 10:00

Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketum PSSI Erick Thohir (FIFA.com)
Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketum PSSI Erick Thohir (FIFA.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Tim Nasional Israel tak lolos menjadi salah satu peserta Piala Dunia U-17 2023 di Indonesia. Hal ini terjadi usai mereka kalah dan gagal melaju ke putaran final Piala UEFA U-17. Dalam ajang tersebut, lima timnas teratas berhak melaju ke piala dunia.

Keberadaan Timnas Israel menjadi sorotan usai Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17, Jumat (24/6/2023). Keputusan Dewan FIFA diambil usai mencabut status tuan rumah Peru karena gagal menuntaskan persiapan infrastruktur.

Piala Dunia U-17 akan digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Sebanyak 24 negara akan berpartisipasi termasuk Indonesia yang otomatis lolos karena menyandang status tuan rumah. Pembagian grup atau draw ajang ini akan digelar di Jakarta, Agustus 2023.

Sebelumnya, FIFA juga sempat mencoret Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20, April lalu. Meski tak terkonfirmasi, sejumlah pernyataan pejabat publik dan kelompok masyarakat yang menolak kehadiran Timnas Israel diduga memicu pembatalan tersebut.

Berdasarkan laman resmi FIFA, peserta Piala Dunia U-17 berasal dari timnas yang menduduki sejumlah peringkat teratas pada lima kompetisi kontinental berbeda. Kelimanya adalah empat timnas teratas pada AFC U-17 Asia; empat timnas CAF U-17 Afrika; empat timnas CONCACAF U-17 Amerika Utara; empat timnas CONMEBOL U-17 Amerika Selatan; dua timnas OFC U-17 Oceania; dan lima timnas UEFA U-17 Eropa.