Logo Bloomberg Technoz

Qatar Ekspansi ke AS, Mau Beli Tim Basket NBA Washington Wizards

News
23 June 2023 16:25

Washington Wizards. (Sumber: Bloomberg)
Washington Wizards. (Sumber: Bloomberg)

Randall Williams dan Ben Bartenstein - Bloomberg News

Bloomberg, Dana investasi khusus milik pemerintah (sovereign wealth fund) Qatar akan digunakan untuk membeli saham di perusahaan yang memiliki tiga waralaba, termasuk Washington Wizards dari National Basketball League (NBA). Ini merupakan pertama kalinya dalam sejarah olahraga Amerika Serikat (AS).

Berdasarkan sumber yang tak ingin disebutkan namanya, Otoritas Investasi Qatar (QIA) berencana mengakuisisi 5% dari Monumental Sports and Entertainment. Sportico melaporkan kesepakatan itu, dan menyebut transaksi tersebut akan menghargai Monumental sebesar US$4 miliar. Monumental diketahui juga merupakan pemilik Washington Capitals dari National Hockey League (NHL) dan Washington Mystics dari Women's National Basketball Association (WNBA).

Pemilik NHL telah menyetujui transaksi tersebut. Namun menurut situs resmi, Dewan Direksi NBA masih harus melakukan pemungutan suara. Juru bicara Monumental menolak untuk berkomentar.

Investasi oleh QIA menggarisbawahi ambisi negara-negara Timur Tengah untuk membeli liga olahraga paling bergengsi di dunia. Hal tersebut dilihat sebagai investasi yang berpotensi menguntungkan, yang dapat menawarkan kesempatan kepada pemerintah otokratis untuk membersihkan reputasi mereka atau yang disebut sebagai 'sports-washing'.