Logo Bloomberg Technoz

Sri Mulyani Ungkap Tantangan RI Pensiunkan PLTU Batu Bara

Elisa Valenta
23 June 2023 15:25

Menteri Keuangan Sri Mulyani mengikuti rangkaian Paris Summit 2023. (Tangkapan Layar Instagram @smindrawati)
Menteri Keuangan Sri Mulyani mengikuti rangkaian Paris Summit 2023. (Tangkapan Layar Instagram @smindrawati)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan sejumlah tantangan yang dihadapi Indonesia untuk mengehentikan pemanfaatan batu bara dalam Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU).

"Salah satunya adalah sektor swasta yang memiliki kendala untuk bisa berpartisipasi karena berkaitan dengan taxonomy perpajakan – ini yang harus kita atasi," katanya dalam acara Paris Summit 2023 yang digelar Kamis (22/6) waktu setempat.

Tantangan kedua, menurutnya menyangkut cost of borrowing  atau biaya pinjaman yang terhitung masih tinggi.
"Selain itu, investasi dalam infrastruktur untuk mendistribusikan energi juga perlu menjadi perhatian," katanya.

Hal tersebut ia ungkapkan saat menghadiri diskusi mengenai Private Capital Mobilization for Climate Investments di negara berkembang yang mempertemukan para pimpinan bank pembangunan multilateral, pemimpin lembaga keuangan yang tergabung di GFANZ (Glasgow Financial Alliance for Net Zero), dan para pejabat pemerintah terkait.

Dalam diskusi itu ia juga mendiskusikan berbagai model dan pendekatan yang paling efektif untuk menggerakkan investasi swasta pada bidang iklim, khususnya di negara berkembang. Energy Transition Mechanism (ETM) Country Platform yang telah diluncurkan di G20 silam menjadi salah satu poin diskusi untuk diambil hikmahnya.