Logo Bloomberg Technoz

Isu Ekonomi & Iklim di Balik Jatuhnya Harga Durian Musang King

News
23 June 2023 09:00

Penjual durian. (Sumber: Bloomberg)
Penjual durian. (Sumber: Bloomberg)

Isabel Joy Kua - Bloomberg News

Bloomberg - Orang Singapura suka durian. Tahun ini, buah dengan kulit tajam tersebut sangat melimpah bahkan sampai bisa ditemukan di dalam permainan mesin capit. Orang-orang pun berlomba-lomba untuk mendapatkannya hanya dengan bermodalkan satu dolar.

Surplus di produsen utama Malaysia telah mendorong harga durian di Singapura turun jauh ke tingkat yang belum pernah dicapai sebelumnya. Bahkan dengan permintaan yang tetap tinggi, jenis durian premium seperti Musang King dijual dengan harga 3 dolar Singapura atau sekitar Rp33.000 per kilogram awal bulan ini.

"Ini adalah harga durian terendah yang pernah saya lihat," kata Sam Tan, direktur eksekutif MAPC Sdn. Bhd., pemasok utama durian. "Biasanya Musang King dijual dengan harga 12 hingga 13 dolar Singapura per kilogram," kata Tan yang juga presiden Asosiasi Eksportir Durian Malaysia dan telah berkecimpung dalam industri ini selama 12 tahun.

Petani di Malaysia, yang memasok lebih dari 85% durian ke Singapura, telah melakukan diversifikasi buah sejak 2016 karena harga yang melonjak daripada menanam tanaman tradisional seperti kelapa sawit dan karet. Pohon durian membutuhkan setidaknya lima hingga tujuh tahun untuk mulai berproduksi, yang berkontribusi pada panen melimpah tahun ini.

Durian Musang King. (Sumber: Bloomberg)