Logo Bloomberg Technoz

The Fed: AS Butuh Kenaikan Suku Bunga di 2023 untuk Tekan Inflasi

News
23 June 2023 08:30

Bos Bank Sentral AS, Jerome Powell. (dok Bloomberg)
Bos Bank Sentral AS, Jerome Powell. (dok Bloomberg)

Catarina Saraiva dan Sam Kim - Bloomberg News

Bloomberg - Ketua Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell mengatakan upaya untuk mengembalikan inflasi AS ke angka 2% sangat penting untuk mendukung kesehatan jangka panjang ekonomi Amerika Serikat (AS). Sehingga, lebih banyak kenaikan suku bunga mungkin diperlukan tahun ini.

Powell mengatakan kepada Komite Perbankan Senat pada Kamis (22/6/2023) para pejabat Federal Reserve atau The Fed merasa "akan tepat untuk menaikkan suku bunga lagi tahun ini, dan mungkin sebanyak dua kali," jika ekonomi berjalan seperti yang diharapkan. Bahkan saat suku bunga dinaikkan ke tingkat pembatasan yang sesuai.

Ketua The Fed tersebut mengatakan keluarga pekerja adalah yang paling terdampak secara langsung dari inflasi yang tinggi.

"Ini semua untuk kepentingan mereka, dan semua orang. Kita perlu mengembalikan inflasi negara ini ke angka 2% secara berkelanjutan," katanya. "Kami berkomitmen untuk mengendalikan inflasi, dan mayoritas kuat di komite merasa bahwa kami sudah dekat. Namun masih ada sedikit yang harus kami lakukan yaitu dengan kenaikan suku bunga."