Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Anjlok di Tengah Ketakutan Sikap Hawkish The Fed

News
23 June 2023 07:20

Ilustrasi harga minyak. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi harga minyak. (Sumber: Bloomberg)

Devika Krishna Kumar - Bloomberg News

Bloomberg - Harga minyak menetap di bawah US$70. Investor dibuat khawatir dengan kemungkinan kenaikan suku bunga yang lebih tinggi.

Harga WTI anjlok lebih dari 4% ke penutupan terendah dalam sepekan karena sentimen risk-off di pasar yang lebih luas membayang-bayangi data yang menunjukkan penurunan persediaan minyak mentah Amerika Serikat (AS). Persediaan minyak mentah AS turun sekitar 4 juta barel pekan lalu, namun trader merasa penurunan tersebut masih belum cukup untuk mengurangi sentimen negatif.

Ketua Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell pada Rabu (21/6/2023) mengatakan pada testimoninya di depan anggota DPR bahwa kenaikan suku bunga lebih lanjut kemungkinan diperlukan untuk memadamkan inflasi. Di sisi lain, suku bunga naik di Inggris dan Norwegia pada Kamis (22/6/2023). 

Pengetatan secara global meningkatkan kekhawatiran investor bahwa upaya untuk memperlambat inflasi bisa menyebabkan perlambatan ekonomi. Hal ini bisa menyebabkan konsumen menarik kembali pengeluaran saat tingkat suku bunga berada di titik yang lebih tinggi.