Logo Bloomberg Technoz

Banyak Skandal, Bursa Saham Thailand Perketat Aturan Listing

News
22 June 2023 16:50

Ilustrasi Pasar Saham Thailand (Dok Bloomberg)
Ilustrasi Pasar Saham Thailand (Dok Bloomberg)

Thomas Kutty Abraham and Anuchit Nguyen - Bloomberg News

Bloomberg, Thailand berencana untuk memperketat aturan initial public offering karena skandal akuntansi besar, gagal bayar utang, dan perputaran saham yang tidak dapat dijelaskan yang mengguncang investor.

Beberapa masalah tersebut menempatkan indeks saham utama Thailand di jalur penurunan triwulanan pertama berturut-turut dalam tiga tahun.

Direksi Bursa Efek Thailand pada hari Rabu menyetujui "perombakan besar-besaran peraturan listing" yang mencakup peningkatan rasio free-float dan menetapkan ambang batas yang lebih tinggi untuk profitabilitas dan ekuitas pemegang saham. Aturan baru juga akan berlaku untuk papan pengembangan investasi yang ditujukan untuk perusahaan kecil, kata bursa dalam sebuah pernyataan.

Saham Thailand mencatatkankinerja terburuk di Asia tahun ini dengan investor asing melepas bersih US$3,1 miliar sepanjang tahun ini, terbesar di antara pasar negara berkembang Asia. Volatilitas yang berlebihan di beberapa saham, termasuk perusahaan paling berharga di negara itu, dan skandal akuntansi yang menyebabkan gagal bayar obligasi di perusahaan kabel listrik menjadi peristiwa terbaru yang menggoyahkan kepercayaan investor di pasar dengan kapitalisasi US$535 miliar.