Logo Bloomberg Technoz

Uji Coba Perdana Kereta Cepat, Jakarta-Bandung Hanya 30 Menit

News
22 June 2023 14:55

Kereta Cepat Jakarta-Bandung di stasiun Padalarang, Jawa Barat. (Sumber: Dimas Ardian/Bloomberg)
Kereta Cepat Jakarta-Bandung di stasiun Padalarang, Jawa Barat. (Sumber: Dimas Ardian/Bloomberg)

Eko Listiyorini - Bloomberg News

Bloomberg - Indonesia memulai uji coba kereta api cepat pertama, yang akan menghubungkan ibukota Jakarta ke Bandung. Proyek ini menghadapi sejumlah tantangan seperti pembengkakan biaya hingga mengalami penundaan selama bertahun-tahun.

Penyelesaian jalur kereta api ini semakin memperkuat warisan Presiden Joko Widodo sebagai pemimpin yang mendorong proyek infrastruktur besar yang telah terbengkalai selama beberapa dekade. Selanjutnya, ia ingin membangun ibukota baru senilai US$34 miliar bernama Nusantara di pulau Kalimantan sebelum akhir masa jabatan keduanya pada 2024.

"Setelah lima tahun bekerja untuk menyelesaikan proyek ini, kita telah sampai pada bagian akhir," kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Panjaitan  kepada para pekerja Indonesia dan China saat kereta tiba di stasiun terakhir Tegal Alur setelah percobaan pertama pada Kamis (22/6/2023).

Uji coba tersebut membawa Luhut Panjaitan bersama direktur perusahaan negara dan sejumlah wartawan dalam perjalanan yang melalui persawahan dan perbukitan hijau. Kereta melewati beberapa terowongan dan jalur layang dalam perjalanan dari dataran rendah Jakarta ke Bandung yang berada di pegunungan. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memamerkan betapa stabilnya perjalanan tersebut dengan membagikan sebuah video yang memperlihatkan koin yang berdiri dalam keadaan miring saat kereta melaju dengan kecepatan 355 kilometer per jam.