Logo Bloomberg Technoz

Netflix Siap Investasi Rp37 T di Korsel untuk Konten Drakor Cs

News
22 June 2023 14:10

Logo Netflix. Fotografer: Gabby Jones/Bloomberg
Logo Netflix. Fotografer: Gabby Jones/Bloomberg

Sohee Kim - Bloomberg News

Bloomberg - Netflix Inc. akan berinvestasi kepada para filmaker dan studio-studio di Korea Selatan, yang sukses menciptakan acara-acara viral seperti Squid Game. Mereka berencana mengalokasikan dana sebesar US$2,5 miliar atau sekitar Rp37 triliun untuk drama Korea (Drakor).

Co-CEO Netflix Ted Sarados mengatakan pada Kamis (22/6/2023) bahwa perusahaannya akan membiayai program pelatihan untuk sutradara dan entertainer generasi selanjutnya, baik di depan maupun di belakang kamera. Netflix akan bekerja sama dengan organisasi lokal untuk mengidentifikasi dan membina para talenta muda.

Inisiatif-inisiatif tersebut menggarisbawahi bagaimana program Korea seperti The Glory, yang beberapa tahun terakhir muncul sebagai katalisator kejutan bagi Netflix, dibutuhkan untuk membedakan Netflix dari para saingannya seperti Walt Disney Co. dan Apple Inc. Sekitar tiga perlima pengguna Netflix menonton konten Korea, dan waktu yang dihabiskan untuk menonton program-program tersebut tumbuh sampai enam kali lipat hanya dalam waktu empat tahun. Sarandos mengatakan sekitar 90% konten bergenre romansa Korea disaksikan oleh penonton dari luar negeri.

Pada bulan April, Netflix berjanji untuk menggelontorkan sebesar US$2,5 miliar selama empat tahun ke depan untuk industri hiburan negara tersebut. Korea Selatan telah menjadi salah satu pemasok acara TV dan film terbesar Netflix, membantu memicu lonjakan berlangganan secara global bersamaan dengan semakin banyaknya konsumen yang menonton drama dan reality show Korea.