Logo Bloomberg Technoz

"Cuaca yang tepat telah datang dan kami akan mencoba menyelam besok," tuisnya.

Penjaga Pantai AS mengatakan telah menerima panggilan pada Minggu (18/6/2023) dari kapal komando Titan yang melaporkan kapal selam telah hilang kontak. Sejumlah pesawat dan kapal telah dikerahkan dalam pencarian. Menurut situs OceanGate, Titan memiliki sistem bantuan hidup untuk lima orang awak selama 96 jam.

Berikut informasi lebih lanjut mengenai lima orang yang berada di dalam kapal selam:

Hamish Harding

Harding adalah seorang pengusaha ulung yang mendirikan perusahaan eukitas swasta Action Group yang berbasis di Inggris dan Dubai pada 2002. Bisnis tersebut mencakup Action Aviation, yang menawarkan layanan pialang pesawat, manajemen, dan pembiayaan.

Ia meraih rekor dunia untuk waktu terlama di dasar lautan pada 2021, saat menghabiskan waktu 4 jam 15 menit di dasar laut Callenger Deep di Palung Mariana dengan kendaraan selam. Ia berada di kedalaman 10.930 meter atau 35.850 kaki. 

Ia juga meraih rekor melakukan perjalanan tercepat melalui kedua kutup utara selama 46 jam 40 menit yang dilakukan pada Juli 2019. Ia adalah pilot dan direktur dari misi tersebut.

Rekor Dunia Guinness yang diraih oleh Harding lainnya adalah untuk jarak terjauh yang ditempuh di sepanjang bagian terdalam lautan, yaitu sekitar 4.634 kilometer yang dilakukan selama penyelaman Palung Mariana pada 2021. Ia juga pergi ke tepi ruang angkasa tahun lalu dengan Blue Origin LLC, perusahaan AS yang didirikan oleh Jeff Bezos dan Amazon.com Inc.

Harding lulus dari University of Cambridge dengan gelar di bidang ilmu alam dan teknik kimia. Ia sudah menikah dan dikaruniai dua anak.

Stockton Rush

Rush, presiden OceanGate, berharap membuat Titanic lebih mudah diakses dengan mengunjungi reruntuhan dengan kapal selam miliknya. Tujuan awalnya adalah membawa tamu yang membayar ke lokasi dalam kunjungan mingguan dari Mei hingga September, menggabungkan perjalanan dengan upaya penelitian yang emmungkinkan penumpang berkontribusi sebagai ilmuwan warga.

Kapal selam wisata Titan. (Dok. OceanGate, Inc.)

Rush memiliki gelar dari Universitas Princenton di bidang teknik kedirgantaraan dan gelar MBA dari Sekolah Bisnis Haas UC Berkeley. Menurut biografinya di situs web OceanGate, Rush menjadi pilot pesawat terbang termuda di dunia setelah memperoleh peringkat kapten di Institut Pelatihan Jet United Airlines di usia 19 tahun, pada tahun 1981.

Dia bekerja dengan Boeing Co. pada desain awal kapal selam Titan sebelum kemudian bekerja dengan NASA.

Rush pernah gagal melakukan perjalanan ke reruntuhan Titanic pada 2018, saat kapalnya disambar petir dan menghancurkan sistem kelistrikannya yang membatalkan misi. Upaya kedua berakhir gagal pada tahun berikutnya karena ada masalah dengan "kapal induk" yang digunakan untuk mengangkut tim dan peralatan.

Meskipun awalnya menargetkan luar angkasa, dan mencontoh upaya Kapten Kirk dan Star Trek, Rush mengatakan ia menyadari bahwa keinginannya untuk menemukan bentuk kehidupan baru dan pergi ke tempat yang belum pernah dikunjungi manusia lebih mungkin terjadi di laut.

Shahzada dan Suleman Dawood

Keluarga Dawood adalah salah satu keluarga paling terpandang di Pakistan. Mereka merilis pernyataan pada Selasa yang mengkonfirmasi Shahzada dan Suleman ada di dalam kapal selam Titan.

Kapal selam wisata Titan. (Dok. OceanGate, Inc.)

"Kapal selam hilang kontak dan informasi mengenai hal itu sangat terbatas. Upaya penyelamatan yang dipimpin bersama beberapa lembaga pemerintahan dan perusahaan kelautan sedang dilakukan untuk menjalin kembali kontak dengan kapal selam dan membawa mereka kembali dengan selamat," katanya.

"Kami sangat berterima kasih atas kepedulian yang ditunjukkan oleh kolega dan teman-teman kami, dan ingin meminta doa demi keselamatan mereka sambil memberikan privasi kepada keluarga saat ini. Keluarga saat ini mendapatkan perhatian baik dan berdoa kepada Allah agar anggota keluarga mereka kembali dengan selamat."

Shahzada Dawood adalah wakil ketua Engro Corp. yang memiliki bisnis mulai dari pupuk hingga pembangkit listrik. Ia lulus dari Universitas Buckingham dengan gelar sarjana hukum pada 1998 dan dari Universitas Philadelphia dengan gelar master di bidang pemasaran tekstil pada 2000.

Paul Henry Nargeolet

Nargeolet adalah penyelam terkemuka dan dianggap sebagai pakar terkemuka terkait reruntuhan Titanic dan puing-puingnya, yang membentang seluas 25 mil laut persegi. Ia adalah direktur penelitian bawah air untuk Experimental Media Group, atau E/M Group, dan RMS Titanic Inc. Ia berhasil melakukan puluhan kali penyelaman kapal selam ke lokasi kecelakaan.

Nargeolet lahir di Chamonix, Prancis, dan tinggal bersama keluarganya di Afrika selama 13 tahun. Menurut biografinya di situs Grup E/M, ia menyelesaikan studinya di Paris dan menghabiskan 22 tahun di Angkatan Laut Prancis, dan naik pangkat menjadi komandan. Ia memimpin ekspedisi penyelamatan pertama Titanic pada tahun 1987 setelah bergabung dengan French Institute for Research and Exploitation of Sea.

Nargeolet berbicara dengan Titanic Channel tentang apa yang akan terjadi pada seseorang yang terjebak di lokasi reruntuhan. Ia mengatakan hawa dingin akan menjadi salah satu bahaya terbesar dan menunjukkan bahwa para penjelajah memahami risikonya.

--Dengan asistensi dari Faseeh Mangi.

(bbn)

No more pages