Logo Bloomberg Technoz

Samudera Indonesia (SMDR) akan Terbitkan Sukuk Rp2 T

Dityasa Hanin Forddanta
22 June 2023 10:56

Samudera Indonesia. (Tangkapan layar via samudera.id)
Samudera Indonesia. (Tangkapan layar via samudera.id)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Emiten perkapalan PT Samudera Indonesia Tbk (SMDR) akan menerbitkan sukuk ijarah dengan target dana Rp2 triliun. Emisi ini bertajuk Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Samudera Indonesia.

Berdasarkan prospektus, Kamis (22/6/2023), SMDR akan menerbitkan sebanyak-banyaknya Rp550 miliar sebagai Sukuk Ijarah Berkelanjutan I Samudera Indonesia Tahap I Tahun 2023. Emisi ini terbagi dalam dua seri.

Seri A memiliki tenor selama 370 hari. Seri B memiliki tenor selama lima tahun. Perusahaan belum menetapkan nilai pokok dan tingkat bagi hasil masing-masing seri.


SMDR akan menggunakan 73,67% dari perolehan dana untuk memberikan pembiayaan kepada anak usaha, yakni PT Samudera Perkapalan Indonesia, dengan sistem bagi hasil dengan tingkat imbal hasil setara dengan suku bunga penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) ditambah margin keuntungan untuk selanjutnya akan digunakan oleh PT Samudera Perkapalan Indonesia untuk membeli 2 buah kapal dry bulk. 

Apabila dana yang dipinjamkan telah dikembalikan oleh Samudera Perkapalan Indonesia kepada perseroan, maka Perseroan akan menggunakan dana tersebut sebagai modal kerja atau belanja modal dalam rangka mendukung kegiatan usaha perseroan.