Logo Bloomberg Technoz

Tim Trump juga belum mengajukan mosi untuk menantang keabsahan dakwaan dan bukti yang akan digunakan pemerintah untuk melawannya.

Kumpulan bukti yang menurut pemerintah telah diserahkan pemerintah termasuk pernyataan publik yang dibuat Trump selama bertahun-tahun yang dikutip dalam dakwaan, wawancara FBI pada Mei 2022 dengan ajudan pribadi Trump dan terdakwa Walt Nauta, kesaksian Nauta pada Juni 2022 di hadapan dewan juri di Washington, dan wawancara saksi lainnya.

Trump juga telah menerima reproduksi dokumen dan foto-foto "kunci" yang dirujuk dalam dakwaan - surat dakwaan termasuk foto-foto kotak di berbagai lokasi di sekitar resor Mar-a-Lago milik Trump, termasuk kamar mandi - dan rekaman kamera sirkuit tertutup dari properti tersebut. 

Pengajuan bukti dari pemerintah menegaskan bahwa Trump tidak pernah hadir untuk memberikan kesaksian di hadapan dewan juri. Dia didakwa dengan tuduhan salah menangani informasi pertahanan nasional yang sensitif dan mencoba menghalangi penyelidikan pemerintah. Trump mengaku tidak bersalah atas semua tuduhan tersebut.

Mantan Presiden AS Donald Trump keluar dari Trump Tower di New York, AS, Selasa (4/4/2023). (Michael Nagle/Bloomberg)

Kedua belah pihak dilarang untuk membagikan bukti yang telah diserahkan dalam kasus ini kepada publik, sesuai dengan perintah standar yang ditetapkan oleh pengadilan minggu ini. Pengacara Trump sedang dalam proses mendapatkan izin keamanan yang diperlukan untuk meninjau materi rahasia.

Ketika kasus ini berlanjut di pengadilan, anggota tim Smith mulai tampil ke publik setelah berbulan-bulan beroperasi di belakang layar. Penambahan terbaru dari jaksa penuntut pada hari Rabu adalah Michael Thakur, seorang asisten jaksa AS yang sebelumnya bertugas di kantor kejaksaan AS di Florida.

Jaksa penuntut menulis bahwa tim Trump dapat membuat pengaturan untuk meninjau semua materi yang tidak diklasifikasikan yang disita oleh FBI selama penggeledahan di Mar-a-Lago pada musim panas lalu. 

Nauta belum didakwa dan pengacaranya belum mendaftarkan diri ke pengadilan. Dia dijadwalkan untuk tampil di hadapan hakim hakim federal di Miami pada tanggal 27 Juni.

Pemerintah akan menyerahkan bukti-bukti kepada pengacara Nauta setelah dia terdaftar di pengadilan, kata jaksa.

(bbn)

No more pages