Logo Bloomberg Technoz

Kasus Trump, Pemerintah Beri Bukti & Saksi Soal Dokumen Rahasia

News
22 June 2023 11:00

Mantan Presiden AS Donald Trump (tengah) selama persidangan di pengadilan New York, AS, Selasa (4/4/2023). (Seth Wenig/Associated Press/Bloomberg)
Mantan Presiden AS Donald Trump (tengah) selama persidangan di pengadilan New York, AS, Selasa (4/4/2023). (Seth Wenig/Associated Press/Bloomberg)

Zoe Tillman - Bloomberg News

Bloomberg, Departemen Kehakiman AS telah menyerahkan bukti-bukti kepada tim kuasa hukum Donald Trump dalam kasus dakwaan dokumen rahasia. Termasuk keterangan para saksi yang akan memberikan kesaksian untuk pemerintah di pengadilan, menurut sebuah pengajuan pengadilan yang baru.

Kantor Penasihat Khusus Jack Smith pada hari Rabu (21/6/2023) mengajukan pemberitahuan yang menjelaskan set pertama dokumen rahasia dan materi lain yang mereka hasilkan kepada pengacara mantan presiden saat kasus ini berlanjut di pengadilan federal di Florida.

Pemberitahuan Departemen Kehakiman tersebut tidak mengidentifikasi nama-nama saksi-saksi dari pemerintah yang kesaksiannya telah diterima oleh dewan juri. Pengumpulan bukti pertama juga menampilkan informasi yang dirujuk oleh jaksa penuntut dalam dakwaan Trump, termasuk rekaman percakapan pada Juli 2021 antara mantan presiden dan beberapa orang di klub golfnya di Bedminster, New Jersey, tempat dia diduga membahas tentang informasi rahasia.

Donald Trump (Sumber: Bloomberg)

Pengajuan tersebut menggarisbawahi niat pemerintah untuk bergerak cepat menuju persidangan yang dijadwalkan oleh Hakim Distrik AS Aileen Cannon untuk dimulai pada 14 Agustus. Namun untuk menerima materi rahasia, pengacara Trump membutuhkan izin keamanan yang mungkin membutuhkan waktu untuk mendapatkannya.