Logo Bloomberg Technoz

Sebelum Hilang, Pendiri OceanGate Anggap Sampah Isu Keselamatan

News
22 June 2023 09:40

Kapal selam wisata Titan. (Dok. OceanGate, Inc.)
Kapal selam wisata Titan. (Dok. OceanGate, Inc.)

Laura Nahmias dan Guillermo Molero - Bloomberg News

Bloomberg - Stockton Rush, pendiri perusahaan OceanGate Expeditions operator wisata bangkai kapal Titanic, pernah mengatakan bahwa mengkhawatirkan urusan keselamatan itu hanya buang-buang waktu. 

"Maksud saya, jika kalian mau aman, jangan keluar dari tempat tidur. Jangan masuk ke mobil, jangan lakukan apapun," kata Rush saat berbicara via podcast dengan reporter CBS David Pogue pada 2022. "Pada titik tertentu, Anda akan mengambil sejumlah risiko. Dan ini, walaupun beresiko, bisa membawa berkah."

Pola pikir sang pendiri itu menjadi perhatiaan saat para penyelamat berlomba menemukan kapal selam Titan yang hilang sejak 5 hari lalu. Kendaraan tersebut membawa Rush dan empat penumpang lainnya dan kemungkinan hanya memiliki waktu 16 jam lagi sebelum cadangan oksigennya habis. Ternyata, para ilmuwan kelautan, dan setidaknya satu mantan karyawan perusahaan Rush sudah memberi peringatan tentang prosedur keselamatan selama lima tahun terakhir. 

Didirikan pada 2009, OceanGate yang berkedudukan di Everett, Washington telah memimpin berbagai ekspedisi Titan ke reruntuhan kapal pesiar Titanic sejak musim panas 2021 dengan biaya US$250.000 atau setara Rp3,7 miliar per orang.