Logo Bloomberg Technoz

Grab PHK 1.000 Karyawan, Janjikan Pesangon hingga Transisi Karier

News
22 June 2023 07:50

Grab sign. (Dok Bloomberg)
Grab sign. (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Grab Holdings memangkas 1.000 karyawan atau 11% dari tenaga kerjanya. Hal tersebut disampaikan oleh CEO Anthony Tan pada Selasa (20/6/2023).

Dalam sepucuk surat yang dikirimkan kepada karyawan pada Selasa malam, yang dilihat oleh Reuters, Anthony Tan mengatakan PHK tersebut bukan "jalan pintas menuju profitabilitas". Namun, dikutip dari Channel News Asia, keputusan tersebut dibuat sebagai reorganisasi strategis untuk beradaptasi dengan lingkungan bisnis.

"Perubahan tidak pernah datang secepat ini. Teknologi seperti AI (kecerdasan buatan) generatif berkembang dengan kecepatan yang sangat tinggi. Biaya modal meningkat, secara langsung berdampak pada lanskap persaingan," kata Tan dalam surat tersebut.

"Kami harus menggabungkan skala dengan eksekusi yang gesit dan kepemimpinan biaya (cost leadership) sehingga kami dapat menawarkan layanan yang lebih terjangkau secara berkelanjutan, dan memperdalam penetrasi massa."

Anthony Tan mengatakan meski tanpa PHK, Grab telah mengelola biaya dan harus mencapai targetnya untuk pendapatan yang disesuaikan dengan grup sebelum titik impas bunga, pajak, depresiasi dan amortisasi pada tahun 2023.