Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Sindir Luhut Karena Sering Pakai Sepatu Impor

Fransisco Rosarians Enga Geken
21 June 2023 19:00

Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Presiden Joko Widodo. (Dok. IG Luhut B Panjaitan)
Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan dan Presiden Joko Widodo. (Dok. IG Luhut B Panjaitan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Pada laman Instagram pribadi, dia membagikan salah satu peristiwa berkesan yang menggambarkan Jokowi sebagai sosok pemimpin yang kuat.

Luhut mengatakan, pernah mendapat teguran dari Jokowi karena jarang sekali mengenakan sepatu buatan dalam negeri. "Kalau boleh jujur, penyebabnya karena modelnya [sepatu dalam negeri] kurang cocok untuk saya," kata dia pada unggahan, Rabu (21/6/2023).

Pada suatu kesempatan, Jokowi pernah bertanya tentang jenama sepatu yang sedang dipakai Luhut. Saat itu, mantan duta besar Singapura tersebut sedang mengenakan sepatu kulit dari perusahaan barang mewah asal Italia, Salvatore Ferragamo. 

Jokowi membalasnya dengan mengatakan sedang mengenakan sepatu jenama lokal yaitu Nah Project. "Itulah sikap keteladanan yang tak pernah berubah dari Presiden Joko Widodo yang saya kenal belasan tahun yang lalu," kata Luhut.

Dia pun mengingat tentang masa pendidikannya sebagai seorang prajurit TNI Angkatan Darat di Akademi Militer Lembah Tidar, Magelang, Jawa Tengah. Saat itu, kata dia, prajurit ditanamkan tentang 3T dalam asas kepemimpinan; yaitu tanggap, tanggon, dan trengginas.