Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Masuk Negara Paling Rawan Kabut Asap Gegara El Nino

News
21 June 2023 15:50

Cuaca ekstrem panas. (Dok Bloomberg)
Cuaca ekstrem panas. (Dok Bloomberg)

Isabel Joy Kua - Bloomberg News

Bloomberg, Singapura, Indonesia, dan Malaysia berisiko menghadapi kabut asap terparah dalam lima tahun terakhir, akibat potensi El Nino kuat yang akan membawa cuaca lebih panas dan lebih kering, menurut laporan Singapore Institute of International Affairs (SIIA).

SIIA memberikan peringkat “merah” dalam laporan Haze Outlook 2023 yang dirilis Rabu (21/6/2023). Level itu adalah yang tertinggi dari tiga kategori risiko berkode warna dan pertama kali peringkat merah diberikan sejak lembaga think tank independen itu mulai membuat laporan tahunan lima tahun lalu.

“Selama tiga tahun terakhir, langit di ASEAN relatif bebas kabut asap,” kata Simon Tay, Ketua SIIA, dalam laporan. “Namun, ada risiko nyata pada tahun depan bahwa situasinya akan berubah, dan menjadi lebih buruk.”

El Nino biasanya mengakibatkan berkurangnya curah hujan di Asia Tenggara, dan dapat memperburuk penyebaran kobaran api alami atau buatan manusia yang sering digunakan untuk membuka lahan untuk menanam kelapa sawit dan karet di Indonesia dan Malaysia.