Logo Bloomberg Technoz

Dugaan Korupsi Kementan yang Ditelisik KPK soal Jual Beli Jabatan

Sultan Ibnu Affan
21 June 2023 14:10

Mentan Syahrul Yasin Limpo usai dimintai keterangan olehn KPK di Gedung ACLC KPK, Jakarta,Senin (19/6/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Mentan Syahrul Yasin Limpo usai dimintai keterangan olehn KPK di Gedung ACLC KPK, Jakarta,Senin (19/6/2023). (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan salah satu dugaan korupsi yang sedang diselidiki di Kementerian Pertanian (Kementan) tersebut terkait dengan penempatan pegawai.

"Benar, salah satu aspek kasus yang sedang didalami penyelidik KPK adalah terkait tindak lanjut laporan dugaan tindak pidana korupsi yang terjadi di Kementan, khususnya terkait praktik penempatan pegawai dalam jabatan," kata Kepala Pemberitaan KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (21/6).

Meski demikian, Ali belum menyampaikan secara gamblang terkait penyelidikan di Kementan. KPK kata dia memang sering menangani kasus korupsi yang terkait dengan penempatan pegawai dalam jabatan. 

Dalam kasus tersebut, lanjutnya, KPK sering menemukan penempatan pegawai di lingkungan lembaga dalam jabatan masih sering disalahgunakan. "Seperti jual-beli jabatan, pemerasan, kolusi, hingga nepotisme," ujarnya.

KPK juga sebelumnya mengatakan telah menemukan 3 klaster terkait dugaan korupsi di lingkungan Kementan. Kasus yang kini diselidiki merupakan klaster yang pertama.