Logo Bloomberg Technoz

“Standar hidup yang tinggi dan tuntutan yang membengkak pada infrastruktur lokal membuat kehidupan di sini tidak murah,” menurut laporan yang dirilis Selasa itu.

“Properti perumahan sangat diminati, dan mobil yang dikenakan pajak secara punitif serta asuransi kesehatan esensial masing-masing 133% dan 109% lebih mahal daripada rata-rata global.”

Kota termahal di dunia. (Sumber: Julius Baer diolah Bloomberg)

Indeks Gaya Hidup Julius Baer memeringkat 25 kota termahal di dunia dengan menganalisis properti tempat tinggal, mobil, penerbangan kelas bisnis, sekolah bisnis, makan malam, dan kemewahan lainnya. Asia tetap menjadi wilayah paling mahal untuk kehidupan mewah selama empat tahun berturut-turut.

New York adalah pemenang besar lainnya. Ibukota keuangan Amerika Serikat (AS) itu naik ke urutan kelima dari urutan ke-11 tahun lalu, didorong oleh penguatan dolar dan pemulihan dari pandemi.

Di sisi lain, London merosot ke posisi keempat dari posisi kedua. Brexit dan "kekacauan selanjutnya" terus merusak reputasi Inggris dan kota ini sekarang menghadapi persaingan kuat dari pusat keuangan yang sedang berkembang seperti Dubai dan Singapura, menurut Julius Baer.

Untuk pertama kalinya sejak laporan dimulai; Eropa, Timur Tengah, dan Afrika adalah wilayah yang paling terjangkau untuk ditinggali dengan baik, lantaran kota-kota di Eropa turun peringkat.

Dubai melompat ke 10 besar untuk pertama kalinya, menjadi kota termahal ketujuh, saat Zurich merosot ke posisi ke-14. Emirat adalah "pemain bintang" dalam indeks tahun ini, dan relokasi sejumlah besar orang kaya telah memengaruhi harga dan permintaan properti, kata Julius Baer.

Orang-orang berjalan melewati toko-toko di Orchard Road, Singapura, Senin (3/4/2023. (Edwin Koo/Bloomberg)

Survei tersebut menemukan adanya kenaikan permintaan untuk perjalanan dan hiburan saat pembatasan pandemi dicabut dan kebebasan kembali. Biaya barang-barang mewah seperti anggur, yang diukur dengan sebotol Château Lafite Rothschild 2018 vintage, dan wiski secara global melonjak paling tinggi masing-masing sebesar 17,2% dan 16,2%.

“Banyak orang masih dalam mode pesta pascapandemi,” kata Mark Matthews, kepala penelitian Asia-Pasifik di Julius Baer, pada jumpa pers, Selasa.

Keuntungan besar lainnya termasuk suite hotel dan penerbangan kelas bisnis. Namun, ada beberapa pengecualian. Harga sepeda yang menjadi “sangat mahal” selama pandemi turun 1,8%.

Julius Baer menyurvei individu berpenghasilan tinggi dengan aset rumah tangga yang dapat dibiayai sebesar US$1 juta atau lebih antara Februari hingga Maret 2023.

--Dengan asistensi Cherian Thomas.

(bbn)

No more pages