Logo Bloomberg Technoz

Rencananya kereta cepat Jakarta-Bandung akan mulia diresmikan dan dioperasikan pada Agustus tahun ini.

Koin uang Rp500 bisa berdiri di dalam KC Jakarta-Bandung melaju (IG keretacepat_id via Twitter Ridwan Kamil)

Sebelumnya PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengeklaim pembangunan fisik dan sistem Kereta Api Cepat Jakarta Bandung (KCJB) sudah mencapai 91%. Perusahaan tersebut optimistis kereta cepat bisa memulai operasionalnya pada Agustus mendatang.

Manager Corporate Communications KCIC, Emir Monti mengatakan perusahaannya dan pemerintah hanya masih mengkaji soal tata cara dan skema operasional yang mulai terbuka bagi masyarakat tersebut.

"Kami meyakinkan rencana bulan Agustus akan tetap berlangsung dan tidak sampai tertunda hingga tahun depan 2024," kata Emir di Stasiun Kereta Cepat Halim, Jakarta pada Rabu (14/6).

KCIC juga telah memulai uji coba kecepatan dan inspeksi jalur KCJB, sejak Mei 2023. Pada tahap awal, perusahaan tersebut menggunakan kereta inspeksi yang melaju dengan kecepatan 60 km/jam. 

Secara bertahap, KCIC menambah laju kereta inspeksi menjadi 80 km/jam, 100 km/jam, dan 180 km/jam. Saat ini, kata Emir, laju kereta uji coba sudah mencapai 220 km/jam. Kecepatan akan terus ditingkatkan hingga puncak kecepatan nantinya bisa pada 385 km/jam.

(ezr)

No more pages