Logo Bloomberg Technoz

Kementerian Perdagangan China meluncurkan kampanye "Mobil Hijau Menuju Pedesaan" pada 15 Juni untuk mempromosikan adopsi kendaraan listrik, terutama di pedesaan, sementara Dewan Negara dan lembaga-lembaga lain telah menyerukan untuk menstabilkan konsumsi mobil dan membangun infrastruktur pengisian daya.

Pengiriman kendaraan listrik dan hibrida plug-in di China naik sekitar 41% dari Januari hingga Mei, menurut Asosiasi Mobil Penumpang di negara tersebut, jauh lebih lambat dibandingkan dengan pertumbuhan 120% untuk periode lima bulan yang sama tahun lalu. Penurunan ini terjadi saat banyak produsen mobil memangkas harga untuk meraih pangsa pasar, sebuah tren yang dipicu oleh Tesla Inc. 

Mobil-mobil baru umumnya dikenakan pajak penjualan 10%, namun hal ini tidak berlaku untuk kendaraan-kendaraan berenergi bersih sejak tahun 2014, sebuah kebijakan yang baru-baru ini diperpanjang hingga tahun 2023.

Pengumuman hari Rabu ini mempepanjang kebijakan tersebut hingga akhir 2025 untuk mobil-mobil bersih di bawah 300.000 yuan ($41.700) yang tidak dapat menampung lebih dari sembilan orang, sementara mobil-mobil di bawah 150.000 yuan akan mendapatkan dukungan lebih lanjut hingga akhir 2027. 

Bloomberg News sebelumnya melaporkan bahwa China sedang mempertimbangkan perpanjangan tersebut. 

Dengan Asistensi dari Danny Lee.

(bbn)

No more pages