Logo Bloomberg Technoz

“Demokrat gugup karena mereka lebih suka mengumumkan kemenangan dan melanjutkan,” kata Stephen Myrow, mitra pengelola Beacon Policy Advisors dan mantan pejabat Departemen Keuangan George W. Bush.

“Saya pikir mereka akan mencoba untuk berhati-hati kali ini terhadap kenaikan lebih lanjut. Tetapi Partai Republik hanya akan mengabaikan dan bertindak seolah-olah inflasi belum turun."

Powell baru saja muncul dari pertemuan FOMC pada pekan lalu di mana bank sentral memutuskan mempertahankan suku bunga untuk pertama kalinya dalam 15 bulan akan tetapi di saat yang sama mengisyaratkan mereka dapat memberikan dua kenaikan lagi tahun ini.

Pengamat bank sentral dan para pelaku pasar global berjuang untuk mencerna pesan dari konferensi pers pasca-pertemuan Powell, dan anggota Kongres AS minggu lalu mengatakan mereka berencana untuk menekan Powell untuk memberikan penjelasan.

"Saat ini ada banyak kebingungan tentang langkah selanjutnya," kata Thom Tillis, seorang senator Republik dari North Carolina, Kamis.

Jeda kenaikan bunga yang dipuji

The Fed telah menaikkan suku bunga lima poin persentase sejak Maret 2022, satu dari serial pengetatan moneter tercepat dalam sejarah Amerika. Itu memberi pejabat ruang sekarang untuk mengambil nafas dan memantau data yang masuk saat mereka mempertimbangkan langkah selanjutnya, kata Powell pekan lalu.

Ketua The Fed Jerome Powell (Sumber: Bloomberg)

Tindakan cepat The Fed selama setahun terakhir — strategi mengejar ketinggalan setelah pembuat kebijakan gagal menyadari betapa gigihnya inflasi — telah menuai kritik dari Demokrat yang khawatir bahwa tingkat yang lebih tinggi akan menyebabkan lonjakan pengangguran. Tingkat pengangguran baru-baru ini naik tipis dari level terendah 50 tahun, kendati lapangan kerja baru terus bermunculan.

Masalah Stabilitas

Meskipun berlanjutnya kekhawatiran tentang inflasi, yang mencapai lebih dari 9% tahun lalu, Partai Republik mengatakan mereka khawatir tentang bagaimana kenaikan lebih lanjut dapat meresahkan sektor keuangan setelah beberapa kegagalan bank tahun ini.

“Kami mengalami kenaikan suku bunga paling cepat dalam 40 tahun, dan itu memberi banyak tekanan pada sistem perbankan,” kata Senator Bill Hagerty, seorang Republikan Tennessee. “Saya ingin melihat perspektifnya tentang seberapa dalam hal itu berjalan dan bagaimana hal itu memengaruhi pemikirannya tentang peningkatan tarif lebih lanjut.”

The Fed pada bulan Maret mengambil langkah agresif untuk membendung penularan dan memompa likuiditas darurat ke dalam sistem perbankan, setelah beberapa lembaga gagal sebagian karena tekanan dari suku bunga yang lebih tinggi. Tetapi para pejabat telah mencoba untuk tetap berpegang pada kebijakan lama mereka untuk memisahkan langkah-langkah stabilitas keuangan dari upaya mereka untuk mengendalikan tekanan harga.

Sementara pejabat Fed berusaha untuk independen dari proses politik, mereka juga sangat menyadari kekhawatiran bipartisan bahwa bank sentral telah melakukan banyak hal, kata anggota Kongres Michigan Bill Huizenga.

"Mereka akan memiliki banyak orang yang tidak bahagia di kedua sisi jika mereka terus menaikkan suku bunga," katanya.

Pengawasan Regulasi

Kesaksian minggu ini - Powell menghadap komite House Financial Services Rabu dan panel Perbankan Senat Kamis - akan menjadi kesempatan pertama para anggota Kongres untuk secara terbuka bertanya kepada kepala Fed tentang rencana perubahan peraturan setelah bank runtuh musim semi ini.

Demokrat kemungkinan akan mendorong Powell untuk aturan yang lebih ketat, termasuk membatalkan kenaikan kapitalisasi aset pada 2018 yang banyak disalahkan atas masalah Silicon Valley Bank.

Kantor Pusat Silicon Valley Bank (Sumber: Bloomberg)

Partai Republik menentang peningkatan beban pada bank yang menurut Wakil Ketua Fed Michael Barr sedang diselidiki oleh Fed, dan sebaliknya mempertanyakan kekurangan pengawasan regulator sendiri yang mengarah pada kegagalan.

"Saya pikir apa yang dilakukan Wakil Ketua Barr menggunakan krisis untuk mempengaruhi rencana politiknya sebelumnya dan saya pikir itu menjadi perhatian serius," kata Ketua Layanan Keuangan House Patrick McHenry dari North Carolina. "Saya tidak berpikir itu menarik untuk stabilitas pasar atau untuk kepentingan pertumbuhan ekonomi."

Partai Republik juga akan menekan Powell tentang potensi mata uang digital bank sentral tingkat ritel, kata McHenry. Itu menjadi perhatian khusus untuk ruang crypto.

--Dengan bantuan dari Erik Wasson.

(bbn)

No more pages