Logo Bloomberg Technoz

Powell Hadapi Tugas Sulit Jelaskan Jeda Kenaikan Bunga di Kongres

News
21 June 2023 09:55

Jerome Powell, Chairman US Federal Reserve (Bloomberg)
Jerome Powell, Chairman US Federal Reserve (Bloomberg)

Catarina Saraiva, Steven T. Dennis and Laura Litvan - Bloomberg News - 

Bloomberg - Chairman Federal Reserve Jerome Powell memiliki kesempatan nanti malam untuk mengklarifikasi pesan yang membingungkan banyak orang terkait kebijakan bunga acuan bank sentral, ditambah tugas tambahan untuk meyakinkan Demokrat dan Republik bahwa ekonomi negeri itu berada di jalur yang benar.

Powell akan menghadapi pertanyaan dari para anggota Kongres pada Rabu dan Kamis pekan ini, dan akan menjadi kesaksian pertamanya di Capitol Hill sejak awal Maret, sebelum gejolak sektor perbankan memicu kritik tajam terhadap Fed dan memaksa bank sentral memikirkan kembali strategi kebijakan mereka. 

Sejak saat itu, ketegangan keuangan yang paling akut telah mereda, tetapi masih ada pertanyaan tentang sejauh mana pengetatan kredit akan membebani perekonomian, dan apa artinya bagi The Fed.

Powell perlu meyakinkan Partai Republik bahwa Fed tidak mundur dari kebijakannya untuk menahan tekanan harga, sambil menunjuk Demokrat pada ketahanan ekonomi menyusul pernyataan The Fed bahwa mereka bersiap menaikkan suku bunga lebih lanjut tahun ini.

Proyeksi pejabat The Fed terhadap arah suku bunga acuan. (Sumber: Bloomberg)