Logo Bloomberg Technoz

Pabrik Motor Listrik Milik GOTO & TOBA Mulai Produksi 2024

Rezha Hadyan
20 June 2023 17:00

Motor listrik electrum. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Motor listrik electrum. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Pabrik sepeda motor listrik besutan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) dan PT TBS Energi Utama Tbk. (TOBA) dipastikan akan memulai produksinya pada 2024 atau tahun depan.

Head of Sustainability GoTo Tanah Sullivan mengatakan pembangunan pabrik sepeda motor listrik Electrum akan dilakukan dalam waktu dekat. Bersamaan dengan proses pembangunan pabrik tersebut, pihaknya akan menawarkan sepeda motor listrik yang akan diproduksi mulai tahun depan ke mitra pengemudi Gojek.

"Pabriknya kita akan buka, tahun ini, dan mudah-mudahan kalau semua lancar, kita bisa mulai manufacturing-nya tahun depan. Biar sudah bisa mulai menawarkan ke para driver Gojek," katanya ketika ditemui di Tokopedia Tower, Jakarta Selatan, Selasa (20/6/2023).

Tanah menjelaskan pembangunan pabrik sepeda motor listrik Electrum merupakan bagian dari komitmen "Tiga Nol" GoTo, yakni nol emisi karbon, nol sampah, dan nol hambatan pada 2030. Selain itu, pabrik tersebut diharapkan akan mendukung percepatan adopsi kendaraan listrik oleh masyarakat serta menciptakan dampak ekonomi jangka panjang di bidang energi terbarukan.

Sebagai catatan, pabrik sepeda motor Electrum akan dibangun di Zona E Kawasan Greenland International Industrial Center (GIIC), Cikarang, Jawa Barat. Namun, belum diketahui berapa kapasitas produksi dari pabrik tersebut dan jumlah tenaga kerja yang akan diserapnya.

Goto, Gojek, Tokopedia (dok Goto)