Logo Bloomberg Technoz

Saham-saham LQ45 yang tercatat drop harganya adalah PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES) turun 30 poin (4,7%) ke posisi Rp605/saham, PT Merdeka Copper Gold Tbk (MDKA) kehilangan 120 poin (3,9%) ke posisi Rp2.910/saham, dan PT Bukalapak.com Tbk (BUKA) turun 8 poin (3,6%) ke posisi Rp212/saham.

PT Bukit Asam Tbk (PTBA) segera membagikan dividen jumbo kepada pemegang saham. Dividend Yield atau imbal hasil dividen tersebut setara dengan 28-30%. Dividen yang akan dibayarkan senilai Rp12,56 triliun, setiap pemegang saham akan mendapatkan dividen Rp1.094/saham. Adapun Cum Dividen pada Pasar Reguler dan Negosiasi pada tanggal 23 Juni 2023 dan Pembayaran Dividen pada 14 Juli 2023.

Emiten bank digital, PT Bank Amar Indonesia Tbk (AMAR) sukses membalikkan rugi menjadi laba pada kuartal I-2023. Per Maret 2023, pendapatan operasional Bank Amar naik 16,49% secara tahunan dan berhasil membukukan laba bersih sebesar Rp34 miliar. Total aset juga tumbuh mencapai Rp4,8 triliun, dan total Dana Pihak Ketiga (DPK) tercatat sebesar Rp1,2 triliun.

Kementerian BUMN tengah menyiapkan langkah perampingan BUMN Karya. Rencananya, hanya akan ada tiga BUMN Karya yang tersisa. Adapun Kementerian BUMN telah melakukan transformasi perusahaan pelat merah setidaknya dalam tiga tahun terakhir. Hasilnya, dari semula 120 BUMN, kini hanya tersisa sebanyak 41 BUMN.

Pemerintah telah menetapkan libur Idul Adha yang jatuh tahun ini menjadi tiga hari. Pemerintah menetapkan 28 Juni dan 30 Juni menjadi hari cuti bersama nasional, seiring libur nasional Idul Adha yang jatuh pada 29 Juni mendatang.

Hal ini termuat dalam SKB 3 Menteri tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2023. Surat tersebut ditandatangani oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, dan Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah.

Untuk pasar saham Asia kompak bergerak melemah pada sore hari ini. Indeks Hang Seng Hong Kong terdepresiasi 1,54%, indeks Strait Times Singapore turun 0,49%, indeks Shanghai turun 0,46%, indeks Kospi anjlok 0,18%, dan indeks Nikkei 225 naik 0,06%. Sementara itu Dow Jones Index Future minus 0,38%.

Pelaku pasar mengkhawatirkan arah suku bunga acuan Amerika Serikat usai pernyataan hawkish Bank Sentral AS (Federal Reserve/The Fed) pekan lalu. Ketua The Fed Jerome Powell dalam konferensi pers FOMC memang menegaskan, otoritas moneter membutuhkan kenaikan suku bunga acuan setidaknya dua kali lagi agar target inflasi negeri itu bisa terus dijinakkan mendekati target.

Berdasarkan survei yang digelar oleh Bloomberg, pasar memperkirakan Federal Funds Rate belum bisa turun sampai 2024. Hasil survei MLIV Pulse yang melibatkan 223 responden, 70% menyebut The Fed belum selesai dengan kenaikan suku bunga acuan. Hanya 30% yang menyatakan suku bunga acuan sudah mencapai puncak.

Goldman Sachs Group Inc. memangkas proyeksi pertumbuhan ekonomi China. Goldman menilai Pemerintah China tak punya banyak opsi untuk meningkatkan stimulus.

Seperti yang diwartakan Bloomberg News, riset yang dirilis pada Minggu (18/6/2023) menyebut bahwa para analis di Goldman menurunkan estimasi pertumbuhan Produk Domestik Bruto (PDB) China tahun ini menjadi 5,4% dari sebelumnya mencapai angka 6%.

(fad)

No more pages