Logo Bloomberg Technoz


Rencana PHK tersebut menunjukkan bahwa Grab menyerah pada tekanan investor untuk pengurangan biaya yang lebih cepat. Grab lebih lambat memangkas biaya dibandingkan pesaing regional. Saat GoTo dan Singapore’s Sea Ltd. menghilangkan ribuan pekerjaan tahun lalu, Grab menahan diri dari PHK massal.

Perusahaan justru menambahkan lebih dari 3.000 staf pada 2022, sebagian besar karena akuisisi jaringan supermarket Jaya Grocer, sehingga total karyawannya menjadi 11.000.

Juru bicara Grab menolak berkomentar ihwal kabar tersebut.

Di sisi lain, Grab juga menghadapi potensi pertumbuhan yang melambat karena pelanggan bergulat dengan tingkat inflasi yang lebih tinggi dan kenaikan suku bunga. Sementara perusahaan melaporkan kerugian triwulanan yang lebih sempit bulan lalu, dikatakan bahwa nilai barang dagangan kotornya hanya tumbuh 3% dalam tiga bulan hingga Maret. Itu turun dari 24% untuk setahun penuh 2022. Pertumbuhan pengguna juga melambat karena pesaing memikat pelanggan dengan promosi dan harga yang lebih rendah.

Kerugian Grab yang disesuaikan sebelum bunga, pajak, depresiasi, dan amortisasi pada kuartal pertama menyempit menjadi US$66 juta, dan analis memperkirakan kerugiannya akan terus menyusut. Pada basis laba bersih, ini jauh dari profitabilitas. Pada kuartal pertama, kerugian bersihnya menyempit menjadi US$244 juta dari US$423 juta setahun sebelumnya.

(bbn)

No more pages