Logo Bloomberg Technoz

Grab Segera Eksekusi PHK Terbesar Sejak Pandemi

News
20 June 2023 13:27

Grab sign. (Dok Bloomberg)
Grab sign. (Dok Bloomberg)

Yoolim Lee and Olivia Poh - Bloomberg News

Bloomberg, Grab Holdings Ltd. dikabarkan sedang mempersiapkan putaran pemutusan hubungan kerja  (PHK) terbesarnya sejak pandemi, karena perusahaan teknologi tersebut menghadapi persaingan yang makin ketat dalam layanan pemesanan kendaraan dan pengiriman makanan di seluruh Asia Tenggara.

Pengurangan karyawan akan diumumkan segera pekan ini dan kemungkinan akan melampaui putaran 2020 yang menyusutkan staf sebesar 5%, atau sekitar 360 karyawan, menurut orang yang mengetahui masalah tersebut. Angka terakhir sedang didiskusikan dan dapat berfluktuasi seiring dengan perubahan kondisi.

Meskipun Grab yang berbasis di Singapura memimpin pasar layanan pemesanan kendaraan dan pengiriman di Asia Tenggara, perusahaan belum mencapai profitabilitas akibat pengeluaran yang membebani demi mencapai pertumbuhan dan bersaing dengan kompetitor seperti GoTo Group di Indonesia. 

Saham Grab telah merosot sekitar 70% sejak debut pasar sahamnya di New York pada akhir 2021, meskipun telah mengurangi kerugiannya dan berjanji untuk melaporkan laba berdasarkan penyesuaian pada kuartal terakhir tahun ini.

Riwayat PHK di Grab. (Sumber: Bloomberg)