Logo Bloomberg Technoz

Alasan Trump Tak Serahkan Dokumen Rahasia AS: Sibuk

News
20 June 2023 12:25

Donald Trump (Sumber: Bloomberg)
Donald Trump (Sumber: Bloomberg)

Justin Sink - Bloomberg News

Bloomberg - Mantan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengaku tidak menyerahkan catatan kepresidenan ke Arsip Nasional (National Archives and Records Administration/NARA) karena sibuk. Sehingga, ia tak punya waktu untuk mengeluarkan barang-barang pribadi dari kotak yang dikemas dari Gedung Putih.

"Saya hanya ingin memeriksa kotak-kotak dan mengeluarkan semua barang pribadi saya. Saya belum ingin menyerahkannya ke NARA," kata Trump pada Senin (19/6/2023) saat diwawancara oleh Fox News. "Dan saya sangat sibuk, seperti yang bisa Anda lihat."

Awal bulan ini, Trump didakwa dan mengaku tidak bersalah atas 37 tuduhan tindak kriminal terkait penyimpanan dokumen rahasia dan penghalangan keadilan. Pemerintah federal mendapatkan kembali lebih dari 300 dokumen dengan tanda rahasia dari Trump setelah meninggalkan Gedung Putih, termasuk dari penggeledahan yang dilakukan FBI di resor Mar-a-Lago miliknya pada Agustus 2022.

Donald Trump pada 13 April 2023 di New York (John Lamparski/Getty Images)

Selama wawancara, Trump ditanya tentang sebagian dari dakwaan yang menuduh ia telah memerintahkan seorang ajudan untuk memindahkan dokumen yang diminta oleh pemerintah. Ia juga diduga mencoba menekan pengacaranya agar mengatakan Trump telah sepenuhnya mematuhi panggilan pengadilan meskipun ia tahu hal itu tidak benar.