Logo Bloomberg Technoz

Pelemahan Rupiah akan Berlanjut Melampaui Rp15.000 Hari Ini

Muhammad Julian Fadli
20 June 2023 08:52

Ilustrasi uang rupiah, (Photo By johan10 via Envato)
Ilustrasi uang rupiah, (Photo By johan10 via Envato)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mata uang Indonesia rupiah diperkirakan belum akan mampu bangkit hari ini melawan penguatan dolar Amerika. Setelah sempat menembus level psikologis Rp15.000/USD$, nilai tukar rupiah hari ini semakin kehabisan tenaga melawan aksi jual pemodal di pasar yang berburu aset dolar AS.

Pairing USD/IDR kemarin ditutup menguat 60 poin membuat nilai tukar rupiah melemah ke level Rp14.995/US$. Belum ada sentimen yang mampu memberi penguatan pada mata uang Garuda untuk bergerak menuju level resistance

Untuk prediksi hari ini, secara teknikal nilai rupiah berpotensi melanjutkan pelemahan, bersamaan sudah breakout dan menjauhi support MA-50 nya.

Kali ini target koreksi menuju area MA-100 pada level Rp15.021/US$ sebagai support terkuat nilai rupiah. Adapun apabila kembali break support tersebut, berpotensi melanjutkan pelemahan ke Rp15.055/US$.

Jika nilai rupiah terjadi penguatan, resistance terdekat pada level Rp14.952/US$ dan resistance selanjutnya pada level Rp14.915/US$.

Analisis Teknikal Nilai Rupiah Selasa 20 Juni (Divisi Riset Bloomberg Technoz)

Hari ini pemerintah menggelar lelang Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) alias sukuk negara dengan target indikatif Rp7 triliun. Kemarin, seperti biasa jelang berlangsungnya sukuk, aksi jual investor telah menaikkan yield atau tingkat imbal hasil. Mayoritas yield Surat Utang Negara (SUN/INDOGB) meningkat dengan SUN 10 tahun bergerak naik ke 6,334% kemarin.