Logo Bloomberg Technoz

Namun, masih ada kenaikan stabil untuk harga bensin dan solar karena serentetan pemadaman kilang meningkatkan premi bahan bakar. Hal tersebut juga membantu meningkatkan permintaan untuk beberapa minyak mentah Timur Tengah. Volume perdagangan minyak mentah, terutama untuk WTI, mungkin lebih rendah dari biasanya pada Senin karena AS libur untuk merayakan Hari Juneteenth atau Hari Kebebasan.

Grafik harga minyak mentah. (Sumber: Bloomberg)

Harga minyak mengalami penurunan di paruh pertama 2023 setelah China mencabut pembatasan kebijakan 'Covid Zero' di bawah harapan yang tinggi. Sementara pasokan global, termasuk dari Rusia, sangat berlimpah.

Dalam upaya untuk membendung penurunan, Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya telah mengumumkan pengurangan produksi, termasuk pengurangan mandiri yang dilakukan oleh Arab Saudi sebesar 1 juta barel per hari pada Juli.

Di sisi lain, Irak dan Turki dijadwalkan bertemu pada Senin (19/06) waktu setempat untuk membahas pembukaan kembali pipa yang memproduksi hampir 500.000 barel per hari yang sebelumnya ditutup pada Maret.

Harga:

- WTI untuk pengiriman Juli turun 70 sen menjadi US$71,08 per barel pada pukul 13.54 waktu New York.
- Kontrak berjangka WTI tidak akan diselesaikan pada Senin karena AS libur.
- Brent untuk pengiriman Agustus turun 52 sen menjadi menetap di US$76,09 per barel.

(bbn)

No more pages