Logo Bloomberg Technoz

Take Rate Bakal Naik, GOTO di Jalur Cepat Menuju Profit

Muhammad Julian Fadli
19 June 2023 19:47

Pencatatan saham perdana PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). (Dok gotocompany.com)
Pencatatan saham perdana PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO). (Dok gotocompany.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Maybank Sekuritas Indonesia menyatakan PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) berada di jalur yang tepat untuk percepatan profitabilitas, yang didukung oleh peningkatan take rate di seluruh lini bisnis.

Analis Maybank Sekuritas Etta Rusdiana Putra memperkirakan EBITDA yang disesuaikan GOTO akan menjadi positif pada 2024. Adapun hal ini akan tercapai apabila sukses melangsungkan strategi penguatan pada take rate/fee yang lebih tinggi, pengurangan biaya terhadap pemasaran, dan juga efisiensi operasional.

“Kami percaya bahwa GOTO berada pada jalur yang tepat, karena mencapai margin kontribusi positif pada kuartal pertama 2023,” kata Etta Rusdiana, dalam riset yang diterbitkan Senin (19/6/2023).

Selain itu, ekonomi digital di Indonesia masih dalam tahap awal. Adapun kepemimpinan pasar GOTO yang berada di dua besar secara nasional, bersamaan dengan prospek pertumbuhan jangka panjang, serta layanan-layanan yang ditujukan kepada kelas menengah yang sedang bertumbuh semakin pesat, yang berarti potensi pasar GOTO dapat mencapai 55 juta hingga 60 juta pengguna aktif.

Maybank Sekuritas memproyeksikan GOTO akan membukukan pertumbuhan pendapatan sebesar 77% dalam tingkat pertumbuhan tahunan (CAGR) dari 2021 hingga 2024 menjadi Rp25 triliun pada 2024. Didukung oleh peningkatan nilai transaksi bruto (Gross Transaction Value/GTV)  dan tingkat pengambilan bersih yang lebih tinggi terhadap GTV dari sebelumnya 1,9% pada 2021 menjadi angka 3,5% pada kinerja 2024 mendatang.