Logo Bloomberg Technoz

Irlandia akan Tempel Peringatan Kanker di Minuman Alkohol

News
19 June 2023 17:20

Ilustrasi minuman beralkohol. (Gabby Jones/Bloomberg)
Ilustrasi minuman beralkohol. (Gabby Jones/Bloomberg)

Peter O'Dwyer - Bloomberg News

Bloomberg - Irlandia mengeluarkan kebijakan baru yang mewajibkan label peringatan kesehatan pada bir, anggur, dan minuman keras berkalkohol lainnya. Label peringatan tersebut ditetapkan sebagai yang paling ketat di dunia, dan memicu kekhawatiran dari negara-negara penghasil alkohol yang berpendapat label tersebut akan menghambat perdagangan.

AS dan Meksiko telah menyuarakan keprihatinan atas undang-undang tersebut menjelang pertemuan komite Organisai Perdagangan Dunia (WTO) pekan ini. Argentina, Australia, Chili, Kuba, dan Selandia Baru juga menyatakan sauara yang sama terkait undang-undang yang disahkan Irlandia bulan lalu.

Komisi Eropa memberi lampu hijau atas kebijakan tersebut, tapi sembilan negara anggota penghasil anggur dan bir menentang dengan keras.

Label peringatan yang akan berlaku pada 2026 tersebut akan menyoroti risiko penyakit hati, kanker, dan risiko minum alkohol dalam keadaan hamil. Peringatan tersebut akan ditulis dengan huruf merah besar dan ditempel di setiap wadah minuman beralkohol.