Logo Bloomberg Technoz

Harga Gas Eropa Mulai Turun, Gejolak Harga Masih Tinggi

News
19 June 2023 15:05

Jaringan pipa gas di Eropa. Fotographer: Carina Johansen/Bloomberg
Jaringan pipa gas di Eropa. Fotographer: Carina Johansen/Bloomberg

Priscila Azevedo Rocha - Bloomberg News

Bloomberg, Harga gas di Eropa terkoreksi untuk hari kedua, memangkas beberapa kenaikan bulan ini. Dimana dalam beberapa minggu ini volatilitas harga di pasar cukup tinggi karena risiko pasokan dan cuaca panas. 

Harga gas di pasar berjangka turun sebanyak 14% pada Senin (19/6/2023) pagi waktu Eropa, akhir pekan lalu juga sempat mengalami penurunan terbesar sejak Agustus. Secara bulanan, harga gas masih naik sekitar 15%, setelah serangkaian pemadaman listrik yang tidak terencana dan peringatan cuaca panas membuat para pedagang gelisah tentang keseimbangan pasokan dan permintaan bahan bakar. 

Setelah berminggu-minggu mengalami gejolak harga yang bergejolak, penurunan harga gas menunjukkan stabilitas harga sudah terjadi di pasar. Persediaan gas cukup, lebih dari biasanya untuk musim ini, tetapi kemungkinan masih ada pemadaman lebih lanjut - atau peningkatan permintaan bahan bakar secara tiba-tiba di kalangan bisnis dan rumah tangga - masih dapat menjadi ancaman bagi pasokan wilayah ini menjelang musim panas berikutnya. 

Harga gas di Eropa

Suhu yang lebih hangat dari biasanya diperkirakan akan terjadi di beberapa bagian Eropa utara pada awal minggu ini, dengan suhu di Frankfurt dan Berlin yang melebihi 30C (86F), menurut ramalan cuaca Maxar Technologies Inc. Hal ini dapat meningkatkan permintaan pendingin, yang berpotensi berdampak pada harga.