Logo Bloomberg Technoz

Mencekam, Kekerasan Etnis di Manipur India Tewaskan 100 Orang

News
18 June 2023 18:15

Militer India (Sumber: Bloomberg)
Militer India (Sumber: Bloomberg)

 Rajesh Kumar Singh - Bloomberg News

Bloomberg - Kekerasan etnis di negara bagian Manipur yang berlokasi di timur laut India telah berlanjut selama lebih dari sebulan. Kekerasan ini merenggut lebih dari 100 nyawa dan massa membakar rumah-rumah termasuk rumah para pemimpin partai yang berkuasa.

Massa membakar rumah menteri muda luar negeri Rajkumar Ranjan Singh di ibu kota negara bagian Imphal pekan lalu dan menargetkan rumah dan kantor pemimpin lain dari Partai Bharatiya Janata yang berkuasa, Times of India melaporkan Minggu. Lebih dari 100 orang tewas dalam bentrokan yang meletus bulan lalu sementara beberapa rumah dan toko dirusak.

Ketegangan pertama kali meletus antara beberapa kelompok suku yang sebagian besar beragama Kristen dan mayoritas penduduk Hindu Meitei pada awal Mei dengan  permintaan agar Meitei juga diberikan akses ke lahan hutan, pekerjaan dan kuota di lembaga pendidikan yang disisihkan untuk suku di bawah jaminan tindakan afirmatif India. .

Bahkan saat pasukan berbaris di sepanjang jalan Imphal untuk mengendalikan situasi, kasus kekerasan baru telah memicu kemarahan warga dan partai oposisi.