Logo Bloomberg Technoz

Kaisar Jepang Naruhito Tiba di Indonesia, Ini Agendanya Sepekan

Ezra Sihite
18 June 2023 07:23

Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako tiba di Jakarta (YouTube Sekretariat Presiden)
Kaisar Jepang Naruhito dan Permaisuri Masako tiba di Jakarta (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kaisar Jepang Hironomiya Naruhito bersama Permaisuri Masako melakukan kunjungan kenegaraan ke Indonesia. Kaisar Jepang bersama Permaisuri Masako mendarat di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, pada Sabtu sore (17/6) kira-kira pukul 16.20 WIB.

Dalam kunjungannya, Kaisar Jepang dijadwalkan akan melaksanakan sejumlah kegiatan dan akan bertemu dengan Presiden Joko Widodo pada Senin (19/6). Selain itu, Kaisar Naruhito juga diagendakan mengunjungi sejumlah lokasi yakni Depo MRT Lebak Bulus, Stasiun Pompa Waduk Pluit dan akan mengunjungi Candi Borobudur, Jawa Tengah. 

Mengutip siaran pers Kementerian Luar Negeri Jepang, Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida dalam keterangannya menyebut bahwa Indonesia memang telah lama mengundang Kaisar Jepang untuk berkunjung ke Indonesia. Salah satunya saat kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Tokyo, Jepang pada bulan Juli 2022.

“Saya yakin kunjungan ini akan semakin mempererat hubungan persahabatan dan juga kerja sama baik dengan Indonesia, dan saya merasakan kebahagiaan yang luar biasa bersama masyarakat Jepang,” ucap Kishida.

Kunjungan ini merupakan kunjungan perdana Kaisar Naruhito ke Indonesia sejak dia dinobatkan sebagai Kaisar Jepang ke-126 pada 2019 lalu. Kaisar bersama dan delegasi akan berada di Indonesia selama tujuh hari dan akan kembali bertolak ke Tokyo, Jepang, pada Jumat (23/6).