Logo Bloomberg Technoz

Kabar Duka, Ekonom Sri Adiningsih Telah Berpulang

Donald Banjarnahor
17 June 2023 20:17

Sri Adiningsih,(Foto: Humas Setkab/Jay).
Sri Adiningsih,(Foto: Humas Setkab/Jay).

Bloomberg Technoz, Jakarta - Berita duka kembali datang pada Sabtu (17/6/2023). Ekonom Universitas Gajah Mada sekaligus Mantan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sri Adiningsih meninggal dunia.

"Berita Lelayu; Telah Berpulang Ibu Prof. Sri Adningsih, PhD, (Ketua Dewan Pertimbangan Presiden 2014-2019). Mohon dimaafkan segala kesalahan. Doa kita yg terbaik Buat Mba Ning. Semoga keluarga yg ditinggalkan diberikan ketabahan," tulis pesan singkat dari pihak yang telah mengonfirmasi kebenaran informasi tersebut.

Sri Adiningsih wafat di usia 62 tahun. Dia merupakan Ketua Watimpres pada periode pertama pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 2014-2019. Adiningsih dan Jokowi merupakan teman seangkatan dan alumni SMP 1 Surakarta. 

Dikutip dari Wikipedia, pada tahun 1989, Sri Adiningsih berhasil meraih gelar Master of Science (MSc) dari University of Illinois at Urbana–Champaign Amerika Serikat kemudian pada tanggal 15 Oktober 1996, di universitas yang sama, ia meraih gelar doktor bidang ekonomi. Setelah memperoleh gelar doktor itu, ia menjadi dosen Pascasarjana UGM. Di situ dia menjabat sebagai Kepala Pusat Studi Ekonomi Asia Pasifik UGM. 

Adininsih kemudian dipercaya sebagai Adviser/Principal Economist at Exim Securities, anggota tim ahli penyiapan materi GBHN bidang Wanhankamnas tahun 1998, dan anggota pada Ombudsman Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) sejak 1999, serta menjadi Tim Ahli Panitia Ad hoc Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) pada tahun 2001.