Logo Bloomberg Technoz

Sementara itu, SEC menggugat Coinbase dengan tudingan bahwa bursa kripto menjalankan pertukaran ilegal. Perusahaan kemudian mengatakan kurangnya aturan yang jelas untuk industri aset digital, sehingga merugikan daya saing ekonomi Amerika. 

“Bisa dikatakan bahwa mereka hampir sama baiknya dalam membaca peraturan,” kata James Seyffart di Bloomberg Intelligence, merujuk BlackRock. Manajer aset menghimpun dan mengelola dari  lebih dari US$9 triliun pada akhir Maret. 

Pendukung mata uang kripto sudah lama mendorong adanya produk semacam ini. Pengajuan  ETF Spot-Bitcoin mungkin berimbas pada harga BTC sekitar 2,7% menjadi sekitar US$25.620 usai rencana tersebut tersiar ke publik. Bitcoin sebelumnya bada di posisi US$24.770, terendah sejak Maret.

Pengajuan ini telah dilaporkan sebelumnya oleh situs CoinDesk.

Pergerakan Bitcoin menguji level US$25.000. (dok Bloomberg)

“Kami telah mengajukan pernyataan pendaftaran ke SEC, dan karena peraturan, kami tidak dapat memberikan komentar lebih lanjut,” kata juru bicara BlackRock.

Upaya BlackRock untuk mendapatkan tempat di ETF Bitcoin terjadi saat sengketa hukum antara manajer aset digital Grayscale Investments LLC dengan SEC.

Grayscale menggugat regulator setelah menolak tawaran untuk mengubah Grayscale Bitcoin Trust menjadi ETF, yang didukung secara fisik, dengan alasan penipuan dan manipulasi terkait dengan pasar yang mendasarinya.

“Mungkin BlackRock setuju dengan kami di Bloomberg Intelligence bahwa Grayscale akan memenangkan gugatan mereka dengan SEC, dan mereka ingin memastikan bahwa mereka berada di atas pertarungan, jika terjadi persetujuan,” kata Seyffart. 

Persinggungan antara kripto dengan BlackRock bukan kali ini terjadi. Perusahaan ini telah bermitra dengan Coinbase untuk mempermudah investor institusional mengelola dan memperdagangkan Bitcoin. 

Para issuer perdagangan telah mengajukan perdagangan untuk spot-Bitcoin, meski regulator kala itu masih tampak ragu untuk memberikan persetujuan. Belum lama, penerbit produk yang diperdagangkan di bursa kripto, 21Shares, bekerja sama dengan ARK Investment Management milik Cathie Wood, mengajukan kembali aplikasi untuk ETF spot-Bitcoin. Hal yang mendasari adalah bahwa dana semacam itu akan menawarkan perlindungan kepada investor AS, dimana saat ini tidak ada.

-Dengan asistensi Silla Brush

(bbn)

No more pages