Logo Bloomberg Technoz

KPK Akui Sedang Selidiki Dugaan Korupsi IUP di ESDM

Sultan Ibnu Affan
15 June 2023 21:00

Ketua KPK, Firli Bahuri. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Ketua KPK, Firli Bahuri. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri membenarkan penyidik lembaganya tengah melakukan penyelidikan terhadap dugaan korupsi Izin Usaha Pertambangan atau IUP di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Meski demikian, dia enggan untuk menjelaskan lebih detil tentang perkembangan penyelidikan tersebut.

"Nanti pada saatnya kita akan sampaikan hasilnya. Saya tidak mau mendahului pak Asep (Plt. Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK). Karena pak Asep masih bekerja," ujar dia saat konferensi pers, Kamis (15/6/2023).

Informasi penyelidikan dugaan korupsi IUP beredar bersamaan dengan penyidikan dugaan korupsi anggaran tunjangan kinerja (Tukin) di Kementerian ESDM. Saat itu, sebuah video viral yang diduga berisi rekaman penyidik KPK saat menggeledah sejumlah kantor di Kementerian ESDM.

Dalam video tersebut, seorang penyidik digambarkan tengah kebingungan karena justru menemukan dokumen rahasia KPK di Kantor Biro Hukum Kementerian ESDM. Dokumen tersebut diduga sebagai laporan awal penyeledikan dugaan korupsi IUP yang diserahkan penyelidik kepada pimpinan KPK. Nama Firli pun disebut sebagai pemberi dokumen kepada Menteri ESDM Arifin Tasrif.

Firli membantah tuduhan dan isi video tersebut. Dia mengklaim sudah menjelaskan dugaan pembocoran dokumen tersebut kepada Dewan Pengawasan KPK.