Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Sebut Kepemimpinan bukan Meteran Pom Bensin, Harus Estafet

Ezra Sihite
15 June 2023 11:31

Presiden Joko Widodo di Peluncuran Indonesia Emas 2045, Jakarta (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Joko Widodo di Peluncuran Indonesia Emas 2045, Jakarta (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Ada tiga hal yang menurut Presiden Joko Widodo (Jokowi) harus dimiliki apabila Indonesia akan mewujudkan Indonesia Emas saat 100 tahun kemerdekaan dan menjadi negara maju. 

Yang pertama adalah stabililtas negara yang harus terjaga.

"Tidak ada satu negara yang mencapai kemakmuran dalam kondisi tak stabil, enggak ada. Saat negara terpecah enggak akan menggapai kemakmuran. Kisruh terus enggak akan mencapai kemakmuran, sekali lagi stabilitas," kata Presiden Jokowi dalam sambutannya di Peluncuran Indonesia Emas 2045 di Jakarta, Kamis (15/6/2023). 

Yang kedua kata dia, keberlanjutan dan kesinambungan . Jokowi dalam kesempatan itu menjelaskan betapa estafet kepemimpinan yang melanjutkan ke tahapan lebih maju menjadi penting. Oleh karena itu berganti rezim tak berarti berganti kebijakan yang membuat sebuah negara bak kembali ke hal-hal dasar lagi.

"Kalau sudah kepemimpinan 1,2,3 sudah SMA mestinya kepemimpinan keempat ke universitas jangan balik lagi ke SD. Kepemimpinan itu ibarat tongkat estafet bukan meteran pom bensin. Kalau meteran itu pak mulai dari nol ya, apakah kita mau seperti itu? Ndak kan," kata dia lagi.