Logo Bloomberg Technoz

Sampaikan Visi Indonesia Emas, Jokowi Cerita Pernah Kena Gusur

Ezra Sihite
15 June 2023 10:20

Presiden Jokowi buka agenda Indonesia Emas 2045: Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan (YouTube Bappenas)
Presiden Jokowi buka agenda Indonesia Emas 2045: Negara Nusantara Berdaulat, Maju, dan Berkelanjutan (YouTube Bappenas)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggambarkan betapa perubahan bisa terjadi dalam 50 tahun dan akan tampak sangat signifikan. Buktinya kata dia, pada tahun 1970-an dia masih tinggal di bantaran sungai di Solo, Jawa Tengah. Saat itu, dia bahkan terkena penggusuran. Namun sekarang dia berbicara sebagai Presiden di sebuah tempat yang pada tahun 1970 adalah lokasi paling hits di Jakarta yakni gedung Djakarta Theater.

"Flashback (terbayang masa lalu) gedung ini Djakarta Theater ini 1970-an tempat yang paling megah di Jakarta pada saat itu. Tahun itu tahun 1970-an saya belum menginjakkan kaki saya di Jakarta. 1970 belum pernah ke Jakarta saya masih di Solo, masih di bantaran sungai rumah saya habis kena gusur," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat peluncuran Indonesia Emas 2045 di Jakarta, Kamis (15/6/2023).

"Benar tahun 1970 (kena gusur), masih ndeso banget," lanjut Jokowi dikutip dari kanal Bappenas. 

Jokowi mengatakan hal ini menunjukkan bahwa rentang waktu sekitar 50 tahun akan sangat bisa menentukan perubahan. Namun kata dia, ada syaratnya yakni harus berani dan strategis. Hal itu yang perlu dilakukan Indonesia menuju visi negara maju pada 2045.

"Artinya apa? Dalam 50 tahun perubahan signifikan itu sangat bisa terjadi jika kita berani jika kita mau dan jika kita punya nyali. Bertekad, berusaha keras, bekerja keras untuk melakukan lompatan. Inilah yang kita perlukan," lanjut dia.