Logo Bloomberg Technoz

Beras Dunia Terancam El Nino, Impor RI dari Vietnam Naik 2.500%

News
15 June 2023 09:30

Stok beras di Filipina. (Dok. Bloomberg)
Stok beras di Filipina. (Dok. Bloomberg)

Napat Kongsawad - Bloomberg News

Bloomberg, Pada tahun ini dunia semestinya dibanjiri oleh beras, seiring dengan stok global yang mendekati rekor tertinggi. Sayangnya, kedatangan El Nino mengancam potensi surplus tersebut. 

Pola cuaca El Nino biasanya membawa kondisi yang lebih panas dan lebih kering ke Asia, yang notabene memproduksi dan mengonsumsi 90% pasokan beras dunia. Thailand – pengekspor terbesar kedua dunia – telah meminta petani untuk mengurangi musim panen karena curah hujan yang lebih rendah.

Secara historis, produksi beras dunia selalu lebih rendah saat terjadi El Nino. Dalam beberapa kasus, bahkan jauh lebih sedikit. Pekan lalu, Amerika Serikat (AS) mengumumkan kedatangan resmi dari fenomena cuaca tersebut, yang kemungkinan besar melebihi kekuatan sedang. Makin kuat intensitas siklus saat El Nino ini, makin tinggi pula risiko krisis pasokan beras.

“Apa yang kami rasa akan terjadi tahun ini adalah pasar [beras] akan menjadi pasar penjual. Tidak sampai kekurangan, tetapi pasokan pasti akan turun,” kata Chookiat Ophaswongse, Presiden Kehormatan Asosiasi Eksportir Beras Thailand, dalam sebuah wawancara. 

Perkembangan stok beras duina. (Sumber: Bloomberg)