Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Anjlok Menyusul Lonjakan Stok Minyak AS

News
15 June 2023 07:21

Ilustrasi kilang minyak. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi kilang minyak. (Sumber: Bloomberg)

Julia Fanzeres dan Alex Longley - Bloomberg News

Bloomberg - Harga minyak mengalami penurunan mengikuti peningkatan besar-besaran pada stok minyak mentah Amerika Serikat (AS). 

WTI diperdagangkan di bawah US$69. Penurunan harga dipengaruhi stok minyak AS yang naik ke level 7,92 juta barel, dan persediaan di pusat penyimpanan utama di Cushing, Oklahoma membengkak ke level tertinggi sejak 2021. Banyak bank Wall Street memangkas perkiraan harga minyak, terutama setelah melihat kenaikan stok yang melebihi permintaan.

Bank Sentral AS Federal Reserve menahan suku bunga pada Rabu (14/06/2023). Namun, mereka mengisyaratkan akan melakukan pengetatan lebih lanjut untuk mengendalikan inflasi. Adanya kemungkinan kenaikan suku bunga sebanyak dua kali di tahun ini menimbulkan kekhawatiran tentang berkurangnya permintaan.

Grafik penurunan harga minyak. (Sumber: Bloomberg)

"Pasar mencari garis pandang ke akhir hiking cycle untuk mendapatkan kepercayaan diri, dan membawa kembali investor fundamental," kata Rebecca Babin, seorang trader energi senior di CIBC Private Wealth. Prospek kenaikan suku bunga di paruh kedua tahun ini "tidak meredakan kekhawatiran tentang hambatan makro untuk minyak mentah."